MEDIA GRAFIS

Webster mendefiniskan Graphics sebagai seni atau ilmu menggambar, terutama penggambaran mekanik. Dalam pengertian media visual, istilah Graphics atau Graphics Materials mempunyai arti yang lebih luas, bukan hanya sekedar menggambar.

Definisi tersebut dipadukan dengan pengertian praktis, maka grafis sebagai media, dapat mengkomunikasikan fakta-fakta dan gagasan-gagasan secara jelas dan kuat melalui perpaduan antara pengungkapan kata-kata dan gambar. Pengungkapan itu bisa berbentuk diagram, sket atau grafik. Jadi grafik meliputi berbagai bentuk visual terutama gambar.

Jenis media grafis terdiri atas:

a.  Bagan

Istilah bagan meliputi berbagai jenis presentasi grafis seperti peta, grafik, lukisan, diagram poster, dan bahkan kartun. Dalam hubungan ini bagan didefinisikan sebagai kombinasi antara media grafis dan gambar foto yang dirancang untuk memvisualisasikan secara logis dan teratur mengenai fakta pokok atau gagasan. Fungsi utama dari bagan adalah menunjukkan hubungan, perbandingan, jumlah relatif, perkembangan, proses, klasifikasi, dan organisasi.

 

bagan alir

contoh bagan

 

Ada beberapa macam jenis bagan, diantaranya adalah bagan pohon, bagan alir, bagan arus, dan bagan tabel.

a.1. Bagan Pohon

Sesuai dengan namanya, bagan pohon dikembangkan dari dasar yang terdiri atas beberapa akar menuju batang tunggal. Kemudian cabang-cabang pohon tersebut menggambarkan perkembangan serta hubungan.

 bagan pohon2

contoh bagan pohon

 

a.2. Bagan Alir

Merupakan kebalikan dari bagan pohon yang berfungsi untuk mempertujukkan, bagaimana berbagai unsur penting dikombinasikan sehingga membentuk satu produksi dikenal sebagai bagan alir.

 bagan alir2

contoh bagan alir

a.3. Bagan Arus

Bagan arus adalah bagan yang memperlihatkan bagaimana suatu urutan proses berlangsung.

 bagan arus1

contoh bagan arus

a.4. Bagan Tabel

Bagan tabel adalah bagan yang mempertunjukkan suatu data dan informasi.

 bagan tabel

contoh bagan tabel

 

b.  Diagram

 

Diagram adalah suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal balik terutama dengan garis-garis. Bahkan diagram lebih unggul dari bagan. Sebuah bagan yang baik adalah sangat sederhana yakni hanya bagian-bagian terpenting saja yang diperlihatkan.

 

c.  Grafik

 

Grafik mungkin dapat didefinisikan sebagai penyajian data berangka. Suatu tabel gambar dapat mempunyai nilai informasi yang sangat berfaedah, namun grafik dari data yang sama menggambarkan intisari informasi sekilas akan lebih efektif. Grafik menggambarkan hubungan hubungan penting dari suatu data. Tujuan umum membuat grafik adalah untuk memperlihatkan perbandingan informasi kualitatif dengan cepat dan sederhana.

Ada beberapa macam grafik yang paling umum digunakan adalah grafik garis, batang, lingkaran, dan gambar.

c.1. Grafik Garis

Grafik garis adalah grafik yang paling tepat dari semua jenis grafik, terutama dalam melukiskan kecenderungan-kecenderungan atau menghubungkan dua rangkaian data.

DIAGRAM GARIS

Contoh grafik garis

 

c.2. Grafik Batang

Grafik batang sangat mudah untuk dibuat. Tiap kelompok data yang dibagian, digambarkan oleh sejumlah batang, baik secara horizontal maupun vertikal. Panjangnya batang melukiskan besarnya persentase data. Grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan diperbandingkan relatif sedikit, umumnya tidak lebih dari delapan atau enam jalur.

 btang

Contoh grafik batang

c.3. Grafik Lingkaran

Grafik lingkaran adalah lingkaran sektor-sektor yang digunakan untuk menggambarkan bagian-bagian dari suatu keseluruhan. Ada dua ciri umum dari grafik lingkaran, yaitu (1) grafik itu selalu menunjukkan jumlah atau keseluruhan jumlah, (2) bagian-bagiannya atau segmennya dihitung dalam persentase atau bagian-bagian pecahan dari keseluruhan.

ling

Contoh grafik lingkaran

 

d.  Poster

Poster di definisikan sebagai kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat, tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

Karakteristik poster yang baik adalah harus dinamis, menonjolkan kualitas. Kesederhanaan desain dan sedikit kata-kata yang dipergunakan mencirikan poster-poster yang berwatak kuat. Poster yang efektif pada umumnya enak dipandangwalaupun tidak perlu nyata dalam kejadian yang sangat dramatik seperti perang., keselamatan lalu lintas, bahaya kebakaran dan semacamnya. Komposisi, warna, dan teknik adalah unsur pokok didalam penyajian poster yang efektif.

Kegunaan poster adalah antara lain:

–          Untuk motivasi

–          Sebagai peringatan

–          Pengalaman yang kreatif

images poster 1

Contoh poster

 

e.  Kartun

Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan, atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat.

Karakteristik kartun yang penting dan baik adalah hanya yang mengandung satu gagasan saja. Ciri khas kartun memakai karikatur, sindiran yang dilebih-lebihkan, perlambang dan humor pilihan.

Kegunaan kartun

–          Untuk motivasi

–          Sebagai ilustrasi

–          Untuk kegiatan siswa

pendidikanmahal

Contoh gambar kartun

 

f.   Komik

Komik dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk kartun yang mengungkapkan karakter dan memerankan suatu cerita dalam urutan yang erat dihubungkan dengan gambar dan dirancang untuk memberikan hiburan kepada para pembaca.

 komik

Contoh gambar komik

Posted on May 12, 2013, in MEDIA PEMBELAJARAN. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: